Saturday, July 5, 2008 di Saturday, July 05, 2008 |  

Persiapan Atlet Karate Kaltim Jelang PON XVII (1)

Belajar Kompak, Andalkan Semangat dan Dukungan

PELAKSANAAN PON semakin dekat. Pada tanggal 5 Juli mendatang, upacara pembukaan PON XVII akan dilakukan di Samarinda. Para atlet pun mulai berlatih. Khusus untuk karate, meski Kaltim bukanlah spesialis penangguk emas di cabang tersebut, tetapi faktor tuan rumah bisa membuat segalanya menjadi mungkin. Post Metro berusaha menceritakan bagaimana persiapan atlet karate Kaltim jelang pertandingan yang akan digelar 12 Juli sampai 15 Juli nanti.

Pertandingan karate akan dimainkan di Balikpapan. Venue megah sudah disiapkan untuk perhelatan tersebut. Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) akan menjadi saksi perjuangan 18 orang atlet asal Kaltim. Bagaimana mereka berdarah-darah memperjuangkan emas.

Suasana latihan di halaman belakang Hotel Budiman itu riang sekali. Santai dan penuh canda. Sesama atlet bercanda ria di sela-sela latihan. Post Metro bertandang ke home base kontingen karate Kaltim Rabu (2/7) sore kemarin. Latihan itu berlangsung satu jam, dimulai pukul 17.00 Wita.

Ketika latihan, sebanyak 18 orang itu dibagi dalam dua kelompok. Khusus komite, mereka berlatih sendiri berpasang-pasangan. Dan khusus kata, mereka juga berlatih jurus per jurus sendiri. Suasananya nyaman sekali. Dibuat sesantai mungkin oleh pelatih, meskipun tetap serius.

Kaltim memang kesulitan menggenjot emas dari olahraga karate. Stok atlet yang tersedia sedikit. Tetapi, jangan ditanya bagaimana semangat para atlet itu. Atlet karate Kaltim dari komite dan kata sudah menyatukan tekad untuk memberikan yang terbaik.

Untuk atlet karate kata putri misalnya. Jelang PON, mereka sudah melakoni dua kali pertandingan dan menorehkan hasil maksimal. Dua kali mereka mengikuti kejuaraan untuk mengasah kemampuan. Yang pertama pada 2006 lalu yakni Kejurnas Inkado di Jakarta. Kala itu, atlet karate kata putri beregu berhasil meraih perak. Sementara, yang perorangan berhasil menyabet emas. Lalu, pada tahun 2008 ketika Kejurnas Inkado di Makassar, tim yang sama juga berhasil menorehkan prestasi. Mereka mendapat emas dari beregu dan perorangan.

Tiga orang yang membanggakan itu adalah Hariyanti, Afriani Hastuti dan Irawati Haris. Ketiganya berasal dari Sengata, Kutim. Tim beregu kata itu sudah terbentu sejak 2006 lalu. Mereka memang khusus dipersiapkan untuk menghadapi PON Kaltim.

“Kami bertiga tinggal di Sengata. Sebelumnya kami lama di Sulawesi Selatan,” kata Tuti, dengan logat Sulawesi yang masih lumayan kental.

Tim putri kata beregu kaltim memang kompak. Ketika latihan kemarin, ketiganya menunjukkan kekompakan yang tak dibuat-buat. Mereka berlatih sembari memejamkan mata. Jurus demi jurus dimainkan hanya mengikuti feeling. Tapi, tak satupun kesalahan dibuat.

“Kami sudah terbiasa kompak. Tak hanya waktu latihan. Kami dibiasakan kompak untuk urusan apa saja. Kami punya banyak baju yang sama. Pelatih pun kadang marah kalau jalan tak barengan,” kata Irawati Haris, atlet paling senior di tim beregu kata putri.

Ira—panggilan akrab Irawati—menuturkan, untuk kata tak hanya kekompakan yang terpenting. Power, keteraturan gerakan, pernafasan dan kelembutan menjadi yang terpenting. Jadi, tak bisa hanya mengandalkan kompak saja. “Kompak memang sangat perlu, karena dalam beregu itu harus kompak. Tapi, kalau kompak saja sementara powernya tidak ada, ya, percuma saja,” kata Ira, yang diamini oleh Tuti dan Anti.

Meski Irawati adalah yang paling senior untuk atlet karate kata putri, tetapi bukan dia yang menjadi atlet karate kata perorangan. Pelatih lebih memilih Afriani Hastuti alias Tuti sebagai atlet karate kata perorangan. Gerakannya yang lembut menjadi pertimbangan tersendiri. Itu sebab dia berhasil menyabet emas dua kali pada Kejurnas Inkado 2006 dan 2008 lalu.

Nah, dengan persiapan selama dua tahun itu, Ira, Tuti dan Anti mengatakan bahwa mereka akan berusaha sekuat tenaga memberi yang terbaik. Untuk emas, mereka pasti mengejar target tersebut. Namun, demi ambisi tersebut, mereka meminta dukungan semua warga Kaltim. (qra)

Diposting oleh ikram (qra) Label:

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates