Kaltim Kehilangan Listrik 7 MW
Akibat Terbakarnya 4 Genset di PLTD Batakan

BALIKPAPAN – General Manager PT PLN Wilayah Kaltim Ahmad Siang, kemarin siang langsung menggelar konferensi pers untuk menjelaskan musibah terbakarnya empat generator set (genset) di Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Batakan Manggar yang terjadi Rabu (21/5) dinihari kemarin. Dia mengumpulkan wartawan di kantor PLTD Batakan. Selama satu jam lebih dia memberikan paparan tentang kondisi kelistrikan di Balikpapan, sebelum dan sesudah tragedi terbakarnya mesin genset itu.

Menurut Ahmad Siang, akibat kebakaran tersebut, aliran listrik yang tergabung di Sistem Mahakam kehilangan listrik sebesar 7 Megawatt (MW) atau sekitar 4 persen dari daya mampu Sistem Mahakam.

Kehilangan daya itu diambil dari kapasitas listrik yang dihasilkan empat genset yang terbakar. Sebenarnya, satu genset yang terbakar itu bisa bertenaga 6 MW. Tetapi, karena usianya yang sudah 20 tahun lebih, kemampuannya berkurang sampai 50 persen lebih sehingga satu mesin hanya mampu menghasilkan sumber listrik sebesar 3 MW.

“Satu genset (yang terbakar, Red) hanya menghasilkan daya 3 MW bahkan kurang,” kata Ahmad yang didampingi jajaran PLN Wilayah Kaltim.

Sistem Mahakam adalah sistem interkoneksi listrik di wilayah Kaltim yang melibatkan 3 daerah yakni Samarinda, Balikpapan dan Kutai Kartanegara. Sistem Mahakam mampu menghasilkan listrik sebesar 165 MW. Sementara, beban puncak penggunakaan listrik di Sistem Mahakam adalah 196 MW. Jadi, Sistem Mahakam kekurangan daya sebesar 30 MW. Untuk menutupi kekurangan daya itu, pasokan listrik ke tiga wilayah yang terkoneksi ke Sistem Mahakam dikurangi. Nah, khusus untuk Balikpapan daya yang dikurangi sebesar 14,4 MW, itulah yang menyebabkan hampir setiap malam kota ini dan 2 kota lain yang terkoneksi ke Sistem Mahakam mengalami pemadaman bergilir. Kurangnya daya itu belum lagi ditambah hilangnya 7 MW dari PLTD Batakan yang terbakar.

Nah, bila berbicara Balikpapan, daya terpasang di kota ini hanyalah 40 MW. Padahal, beban puncak penggunaan listrik lebih dari 62 MW. Sementara, pasokan dari Sistem Mahakam hanya 15 MW. Jadi, Kota Minyak ini kekurangan daya listrik sebanyak 35 MW. Itu belum ditambah dengan daftar tunggu yang mencapai 80 MW.

Di PLTD Batakan sendiri ada beberapa genset yakni milik PLN sebanyak 6 unit (empat terbakar, Red), 8 unit milik Pemkot Balikpapan dan 32 unit mesin milik Kaltimex. Tak dijelaskan berapa daya yang dihasilkan semua mesin itu. Tetapi, sebanyak 46 mesin itu, PLTD Batakan hanya menghasilkan 9 MW listrik dan langsung terkoneksi ke Sistem Mahakam.

Ketika kebakaran terjadi, dari enam unit genset milik PLN, hanya dua yang beroperasi. Sementara, mesin milik Pemkot Balikpapan dan Kaltimex juga hanya dioperasikan sebagian saja.

“Musibah kebakaran itu membuat semua mesin yang ada di PLTD Batakan dioperasikan semua sejak pukul 15.00 Wita, (siang kemarin),” kata Siang.

Menurut Ahmad Siang, umur genset yang sudah tua ikut mempengaruhi produksi energi. Rata-rata mesin di PLTD Batakan berumur 20 tahun lebih. Padahal, optimalnya sebuah mesin genset bisa maksimal bekerja hanya 15 tahun bekerja.

“Satu genset bisa menghabiskan solar sebanyak 1 ton selama 1 jam. Semakin tua, genset itu semakin boros menggunakan bahan bakar,” katanya.

Disinggung soal pengaruh terbakarnya empat genset itu dengan pelaksanaan Pilgub dan PON XVII nanti, Ahmad Siang mengungkapkan, dirinya berusaha untuk all out dan optimistis Kaltim bisa melewati dua agenda nasional itu tanpa kendala, khususnya soal listrik.

“Sekarang ini, yang kami butuhkan adalah kerja keras polisi untuk melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran,” tuturnya.

Selain Ahmad Siang, turut hadir pula beberapa pejabat PT PLN Kaltim yakni Manager Bidang Teknis Ambara, Mulawarman Manager Sektor Krishna, Manager PLTD Batakan Dwi Warsono, Manager Bidang Perencanaan Krisna S, Manager Bidang SDM Rantau Liling, Manager Bidang Niaga Erfit Meizon. (qra/my)

Diposting oleh ikram (qra) Label:

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates